contoh KOTAK OBAT MAGH Lengkap

  DOWNLOAD File Word

cetita rakyat:: rawa pening

Rawa Pening adalah danau besar di Jawa Tengah. Ini adalah legenda yang terkenal.
Pada suatu hari, hiduplah seorang bocah yang karena kesaktiannya di kutuk seorang penyihir jahat. Akibatnya, bocah itu memiliki luka di sekujur tubuh dengan bau yang sangat tajam dan amis. Luka itu tak pernah kering. Jika mulai kering, selalu sajamuncul luka-luka baru, disebabkan memar. Baru Klinting berubah menjadi seorang anak kecil yang mempunyai luka tubuh, dan lukanya menimbulkan bau amis.

Suatu hari, Baru Klinting datang ke sebuah desa kecil, dan melihat anak-anak didesa itu sedang bermain. Muncullah keinginan dihatinya untuk bergabung, namun anak-anak tersebut menolak kehadiran Baru Klinting dan memaki-makinya denganejekan. Baru Klinting pun pergi. Ditengah jalan, perutnya mulai lapar, dan Baru Klintingmendatangi salah satu rumah dan meminta makan. Saat itu Baru Klinting pun kembali ditolak bahkan di maki-maki. Desa tersebut adalah desa yang makmur, namun penduduk di Desa itu sangatlahangkuh.

Sampai suatu hari ada seorang Janda tua (Nyai Latung) yang baik dan maumenampung dan memberi makan Baru Klinting. Setelah selesai makan, Baru Klinting berterimakasih kepada Nyai, sambil berkata, "Nyai, kalau Nyai mendengar suarakentongan, Nyai harus langsung naik ke perahu atau lisung ya?", kemudian Nyai tersebutmenjawab "Iya".

Ketika Baru Klinting sedang di perjalanan meninggalkan komunitas tersebut,Baru Klinting bertemu dengan anak-anak yang sering menghinanya dan langsungmengusir Baru Klinting dengan kata-kata kasar. Tak terima dengan perlakuan itu, ia punlangsung menancapkan sebatang lidi yang kebetulan ada di sana. Lalu dengan wajah berang ia pun bersumpah, bahwa tak ada seorang pun yang sanggup mengangkat lidi ini,kecuali dirinya.Satu persatu mulai berusaha mencabut lidi yang di tancapkan Baru Klinting,namun anak-anak tidak ada yang bisa mencabutnya. Sampai akhirnya orang-orangdewasa yang berusaha mencabut lidi tersebut. Namun hasilnya TETAP TIDAK BISA!Akhirnya Baru Klinting sendiri yang menarik lidi tersebut, karena hanya dia yang bisamencabutnya (mengingat bahwa dia sakti).

Saat itupun keluarlah air dari tanah bekas lidi itu menancap, airnya sangat deras keluar dari tanah, dan terjadilah banjir bandang di Desa tersebut dan menewaskan seluruh masyarakat di desa itu, kecuali Nyai. Seluruh desa menjadi danau yang besar. Hal ini sekarang dikenal sebagai Rawa Pening Lake di Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

Comments