contoh KOTAK OBAT MAGH Lengkap

  DOWNLOAD File Word

Apa itu virus?

Sobat mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya virus. Dalam cabang ilmu biologi ada virologi, yangkhusus membahas mengenai virus. Menurut asal katanya berasal dari kata virion yang berarti racun. Ia adalah materi mikroskopik yang dapat menginfeksi sel makhluk hidup. Materi ini ditemukan pertama kali oleh ilmuwan asal perancis bernama Louis Pasteur dan Robert Koch seorang ilmuwan kelahiran Jerman. Mereka melakukan percobaan dengan mengisolasi beberapa penyebab penyakit pada manusia maupun hewan peliharaan. Dari percobaan tersebut ternyata ada penyakit yang ketika diisolasi tidak ditemukan adanya mikroorganisme yang menjadi penyebabnya. Ini berarti ada materi lain selain makhluk hidup (mikroorganisme) yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Baru pada tahun 1796 seorang ilmuwan bernamaEdward Jenner menemukan bahwa cacar air dapat menyerang manusia dan dapat menular melalui sentuhan.

Penelitian tentang virus kemudian berlanjut di pada penemuan fakta menarik pada penyakit Tobacco Mosaik, penyakit yang menyerang tanaman tembakau, menimbulkan bercak-bercak kuning pada daun. Ketika daun dari tembakau yang terkena mosaik di ekstrak dan telah disaring dengan saringan bakteri, di oleskan pada tanaman tembakau yang sehat maka tanaman yang sehat akan tertular penyakit tersebut. Fakta ini menjadi bukti awal bahwa penyakit tersebut bukanlah disebabkan oleh mikroorganisme bakteri.
Akan tetapi fakta tersebut masih banyak disangkal oleh ilmuwan lain pada saat itu. Mereka berkilah bahwa penyakit mosaik masih mungkin disebabkan oleh bakteri dengan ukuran yang sangat kecil sehingga masih bisa lolos dari saringan bakteri.
Pembuktian akan adanya virus muncul lagi dari seorang bernawa Wendell Meredith Stanley. Ilmuwan kelahiran Indiana Amerika serikat ini berhasil mengisolasikan dan mengkristalkan virus penyebab penyakit mosaik tembakau (mematikan sementara). Ia mengemukakan bahwa virus itu sangat berbeda dengan bakteri atau organisme hidup lainnya. Dari percobaan yang dia lakukan, apabila kristal  yang berisi virus yang telah dimatikan sementar itu disuntikkan ke tanaman tembakau maka ia akan menjadi aktif lagi.Ia kemudian akan memperbanyak diri. Sifat virus ini sangat berbeda sekali dengan sifat bakteri yang sejatinya tidak bisa dikristalkan dan aktif kembali.

Apa Ciri-ciri Virus?

Masih agak membingungkan jika kita harus menyatakan bahwa virus itu makhluk hidup atau benda mati. Mereka punya kedua-duanya. Ia adalah makhluk hidup karena kemampuan memperbanyak diri dan virus bukanlah makhluk hidup karena strukturnya sangat berbeda jauh dengan struktur makhluk hidup. Ciri-ciri lainnya
  • Virus hanya bisa hidup dan memperbanyak diri jika ia berada di sel makhluk hidup
  • Bisa dikristalkan tetapi masih bisa hidup kembali bersaman sifat patogennya jika diinfeksikan ke organisme hidup
  • Tidak memiliki sel beserta organel-organelnya
  • Untuk memperbanyak diri virus hanya membutuhkan asam nukleatnya saja
  • Memiliki ukuran yang sanat kecil berkisar antara 20 namometer sambap 300 namao meter
  • Dibentuk oleh partikel virion yang mengandung DNA saja atau RNA saja.
perbandingan ukuran virus dan bakteri

Struktur dan Klasifikasi Virus

Virus bisa tersusun atas 2 jenis asam nukleat, asam deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA). Dalam struktur tubuhnya, asam nukleat dibungkus oleh protein yang membentuk selaput (disebut kaspid).
Tubuh virus terdiri dari
1. Kepala, berisi asam nukleat RNA atau DNA.
2. Selubung, bahan protein pembungkus asam nukleat di kepala.
3. Isi butuh
4. Ekor, berfungsi sebagai alat mengifeksi
Menurut bentuk struktur dasar tubuhnya, virus dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu
  • berbentuk Bola seperti penyebab influenza
  • berbentuk heliks (segienam) contohnya vius mosaik tembakau
  • bentuk polihedral seperti pada adenovirus
  • bentuk kompleks seperti pada bakteriofage
Selain dari bentuknya, klasifikasi virus juga bisa didasarkan pada jenis asam nukleat yang dimiliki. Ada yang mengandung RNA atau familiar disebut ribovirus contohnya seperti penyebab rabies dan AIDS. Berikutnya adalah deoksiribovirus, virus yang mengandung DNA. Contohnya virus herpes, POX cacar, dan TMS (Tobacco Mosaic Virus)

Replikasi Virus

Replikasi adala proses penggandaan diri. Untuk melakukan replikasi virus memerlukan sel hidup sebagai inangnua. Sel hidup manusia, hewan, tumbuhan, bakteri, atau sel makhluk hidup yang lain. Jenis sel yang diserang adalah jenis sel yang spesisifik sesuai jenis bakteri. Misalnya virus bakteriofage hanya menyerang sel bakteri, HIV (Human Imunnodeficiency Virus) hanya bisa menyerang sel darah putih, dan sel-sel epitel dan saraf tepi  adalah sasaran empuk virus polio. Siklus replikasi atau reproduksi virus ada 2 yaitu Litik dan Lisogenik. Berikut uraiannya.

a. Siklus Litik

Kita ambil contoh siklus bakteriofage yang menyerang bakteri E. coli. Tahapannya
  1. Fase Adsorbsi (Penempelan)Awalnya ditandai ketika ujung ekor menempel/melekat ke dinding bakteri. Adsorbsi dapat terjadi apabila serabut ekor virus benar-benar menempel pada dinding sel bakteri. Dinding yang ditempeli juga tidak sembarangan. Virus menempel hanya pada permukaan dinding yang mengandung protein khusus yang dapat ditempeli protein. Setelah menempel, virus mengeluarkan enzim penghancur dinding sel bakteri sehingga sel bakteri berlubang.
  2. Fase Injeksi atau PenetrasiFase ini tubuh berkontraksi mendorong asam nukleatnya (DNA atau RNA) masuk melalui ekor ke dalam sel bakteri.fase adsobsi dan injeksi pada replikasi virus
  3. Fase SintesisDNA virus yang telah masuk ke dalam sel bakteri mengandung ensim lisozim yang langsung menyerang dan menghancurkan DNA sel bakteri. DNA virus kemudiang mengambil alih kendali atas sel tersebut. Kemudian pertama-tama DNA akan mereplikasi dirinya dalam jumlah yang sangat banyak. Kemudian ia melakukan sintesisi protein dari ribosom bakteri yang akan mejadi bagian-bagian dari rancangan virus yang baru sperti kaspidnya, ekor, tubuh, dan serabut ekor.
  4. Fase PerakitanBagian-bagian rancangan virus yang telah dibuat kemudia mulai dirakit menjadi virus kemudian DNA masuk menjadi otak dari virus yang baru.
  5. Fase LitikPada fase ini virus akan mengambil alih bagian-bagian metobolik dari sel bakteri. Setelah sekitar 20 menit dari infeksi awal sudah terbentuk 200 bakteriofage yang telah terakit dan sel bakteri itu pun meledak pecah (lisis) dan melepaskan fage-fage baru/virus akan keluar  untuk mencari/menginfeksi bateri-bakteri lain sebagai inangnya, begitu seterusnya.

b. Siklus lisogenik

Fase lisogenik mirip dengan fasel litik, untuk tahapan menempel dan pentrasinya. Selanjutnya akan ada tahapan yang berbeda seperti berikut
  1. DNA fusion (Penggabungan DNA)Karena DNA bakteri terinfeksi DNA virus, hal tersebut akan mengakibatkan benang DNA berpilin ganda milik virus menjadi terputus. DNA virus kemudian menyusup masuk melalui bagian DNA bakteri yang terputus tadi sehingga DNA bakteri terlah disusupi DNA virus.
  2. Fase PembelahanSetelah menyusup, DNA virus menyatu dengan DNA bakteri dan menjadi tidak aktif (profage). Nah sobat hitung, ketika DNA bakteri membelah, maka DNA viruspun ikut membelah seperti DNA bakteri, begitu seterusnya. Jumlah DNA virus yang tidak aktif akan mengikuti jumlah sel bakteri inangnya.
  3. Fase SintesisKetika tiba keadaan tertentu seperti terkena zat kimia atau radiasi tinggi, maka DNA virus kembali aktif kemudian menghancurkaan DNA bakteri dan mengambil alih kendali di dalamnya. Mulaialah ia memproduksi komponen-komponen virus yang dibutuhkan.
Fase selanjutnya dari siklus lisogenik ini sama dengan siklus litik seperti perakitan dan fase lisis.
Hubungan Siklus litik dan lisogenik. Pada dasarnya siklus litik dan lisogenik saling berhubungan satu sama lain. Ketika setelah fase injeksi ternyata enzim lisozim tidak langsung bisa menghancurkan DNA sel inanga maka DNA virus akan menyusup ke DNA sel inang, sambil menunggu saat yang tepat untuk hidupkembali dan menghancurkan DNA sel inang.
replikasi virus siklus litik dan lisogenik

Comments