contoh KOTAK OBAT MAGH Lengkap

  DOWNLOAD File Word

Makalah Mulok tentang APOTIK HIDUP

Makalah Mulok
APOTIK HIDUP





Disusun oleh:
·    Andi Septiani
·    Annisa Larasati
·    Diah Prameswari
·    Vivi Mardhotila
·    Yustri Retno Handayani
Kelas           : XII IPA 2


SMA NEGERI 5 PALEMBANG
TAHUN AJARAN 2012/2013

KATA PENGANTAR

          Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas izin dan kehendak-Nya lah makalah sederhana ini dapat kami selesaikan. Dan tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing, yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini.

        Kami menyadari dalam penulisan laporan berupa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di butuhkan, agar diwaktu mendatang kami dapat membuat laporan dengan lebih baik lagi. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.


                                                                         palembang,     Oktober 2013




                                                                                        Penulis














BAB 1
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang masalah
Pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah terciptanya kemampuan hidup sehat setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari pembangunan nasional. Untuk terwujudnya tujuan tersebut perlu peran serta masyarakat guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat-obatan. Karena tanaman ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat itu sendiri, selain untuk dikonsumsikan, juga dapat dijadikan obat tradisional bahkan dapat menambah penghasilan masyarakat dari hasil penjualan tanaman apotik hidup tersebut.

Indonesia kaya akan sumber bahan obat alam dan obat tradisional yang telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia secara turun temurun. Keuntungan obat tradisional yang dirasakan oleh masyarakat adalah kemudahan untuk memperolehnya dan bahan bakunya dapat ditanam di pekarangan sendiri, murah dan dapat diramu sendiri di rumah. Hampir setiap orang Indonesia pernah menggunakan tumbuhan obat untuk mengobati penyakit atau kelainan yang timbul pada tubuh selama hidupnya, baik ketika masih bayi, kanak-kanak maupun setelah dewasa. Dan diakui serta dirasakan manfaat tumbuhan obat ini dalam penyembuhan penyakit yang diderita.

Tumbuh-tumbuhan termasuk salah satu sumber senyawa bahan alam hayati yang memegang peranan penting dalam pemanfaatan zat kimia berkhasiat yang terdapat di alam. Hampir setiap daerah di Indonesia mengenal ramuan obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu secara tradisional, baik yang telah dilakukan oleh nenek moyang kita maupun masyarakat pada masa sekarang ini sebagai apotik hidup.

B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya adalah jenis tanaman obat apa saja yang dapat kita manfaatkan untuk mengisi apotek hidup.

C.    Tujuan
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.    Mengetahui pendeskripsian tanaman obat.
2.    Untuk mengetahui jenis tanaman obat apa saja yang dapat kita manfaatkan untuk mengisi apotek hidup.

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini memiliki manfaat sebagai berikut.
1.    Dapat mengetahui apa saja jenis tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi apotek hidup.
2.    Dapat menggerakkan Anda untuk memanfaatkan lahan yang ada di rumah.
3.    Bagi peneliti, penelitian ini dapat dijadikan kajian awal untuk melakukan penelitian lanjutan.























BAB II
LANDASAN TEORI


A.    Ihwal Apotek Hidup
Pengertian apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Umum diketahui, bahwa banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Obat tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik. Itulah sebabnya sebagian orang lebih senang mengkonsumsi obat-obat tradisional.
Bayangkan, bila di dalam pekarangan Anda tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit. Tentu hal menyenangkan. Anda tinggal mengambilnya kapan saja, bahkan malam hari sekalipun. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanamannya.
Tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Anda dapat pula menanamnya diantara tanaman hias atau bunga-bunga yang ada. Selain itu tanaman obat umumnya lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasinya, sehingga Anda tidak perlu memberikan pestisida.
Maka, agar dapat membuat apotek hidup yang indah dan bermanfaat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, Anda perlu untuk menyerasikannya dengan tanaman dan elemen lainnya dalam taman, sehingga tidak merusak penataan taman. Anda juga perlu mengetahui manfaat dari masing-masing tanaman obat dan berapa pemakaian yang sesuai.
B.    Manfaat Apotek Hidup
Apotek hidup di Indonesia belum banyak ada padahal Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat tanaman obatnya namun masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Padahal apotek hidup itu banyak sekali manfaatnya dan kegunaannya. Berbagai manfaat dari apotek hidup yaitu:
1.    Aman bagi kesehatan karena yang digunakan merupakan tanaman yang alami.
2.    Lebih menghemat biaya hidup karena tanaman yang digunakan dapat dipakai untuk membuat obat atau digunakan berbagai produk sehari-hari dengan cara yang mudah.
3.    Dapat dibuat menjadi obat herbal yang lebih bermanfaat dan lebih banyak khasiatnya.
4.    Membuat orang yang memilikinya pintar dalam hal pemanfaatan tanaman terutama tanaman obat.
5.    Dengan memiliki apotek hidup, rumah menjadi asri, cantik, sehat.
6.    Taman dapat memberikan efek psikologis bagi orang yang sedang sakit sehingga lebih cepat sembuh.
7.    Merawat tanaman juga menjadi sarana Anda menggerakkan tubuh dan berolahraga. Hasilnya tubuh menjadi sehat dan cantik.
C.    Pengelompokkan Apotek Hidup
Adapun pengelompokkan tanaman apotik hidup terbagi dalam lima kelompok yaitu:
a. Tanaman buah, yaitu tanaman penghasil buah dan biasanya dikonsumsi buahnya dan dimiliki khasiat sebagai obat.
b. Tanaman sayuran, yaitu bahan masakan, sumber vitamin dan mineral serta memiliki khasiat obat.
c. Tanaman rempah-rempah, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan memiliki khasiat obat.
d. Tanaman hias, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai unsur dekorafis didalam maupun diluar diluar ruangan namun memiliki khasiat obat.
e. Lain-lain, yaitu tanaman yang berkhasiat obat selain dari tanaman buah, tanaman sayuran, tanaman rempah-rempah dan tanaman hias. 


















BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang kami lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis-jenis tumbuhan yang dapat mengisi apotek hidup dapat kita temukan dengan mudah disekitar kita, seperti kunyit, jambu biji, jahe, dll.

B.    Saran
Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan sebaiknya, bagi anda yang memiliki pekarangan luas yang kosong, isilah pekarangan anda dengan tanaman-tanaman apotek hidup. Karena anda dapat merasakan khasiat dari tanaman-tanaman itu dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga.




Daftar Pustaka

http://tanaman.org/manfaat-apotik-hidup_305.htm
http://infotanamanobat.blogspot.com/
http://boyvirgojogja.blogspot.com/
http://jamu-herbal.com/sambiloto-andrographis-paniculata.html
http://www.resep.web.id/obat/khasiat-lidah-buaya-aloevera.htm
http://www.anneahira.com/tanaman-obat/lengkuas.htm
http://www.anneahira.com/tanaman-obat/temulawak.htm - See more at: http://boyvirgojogja.blogspot.com/2012/10/makalah-apotik-hidup.html#sthash.3pXIQfpA.dpuf

Comments