contoh KOTAK OBAT MAGH Lengkap

  DOWNLOAD File Word

Pakaian adat di Indonesia

Pakaian adat di Indonesiamemang beraneka ragam. Seperti yang diketahui, Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak kebudayaan dan suku yang berbeda-beda sehingga menimbulkan banyak model pakaian adatnya sendiri-sendiri sesuai dengan budaya dan kesenian dari daerah tertentu. Tentu saja pakaian adat yang dimiliki satu daerah merupakan budaya dan juga mempunyai arti masing-masing.

Indonesia adalah negara Bhineka Tunggal Ika yang berarti meskipun memiliki suku, agama, kebudayaan, dan RAS yang berbeda-beda, tetapi tetap menjadi satu kesatuan tubuh yang utuh, yaitu bangsa Indonesia. Maka dari itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus bisa memperhatikan, menjaga, dan melestarikan ciri khas, adat budaya,  serta pakaian adat yang dimiliki.

Pakaian adat di Indonesia | Salah satunya pakaian adat dari Indonesia yang harus kita lestarikan adalah pakaian batik. Ya, pada awalnya model pakaian batik ini merupakan sebuah karya seni yang terbilang eksklusif sehingga hanya dapat dikenakan oleh para bangsawan dan anggota kerajaan saja. Akan tetapi sesuai dengan berkembangnya jaman, pakaian batik pun kemudian berkembang luas ke luar kerajaan keratin, bahkan bisa digunakan oleh semua orang di seluruh nusantara dan diimpor ke pelosok luar negeri. 
pakaian adat indonesia

Model pakaian wanita yang menggunakan batik dahulu hanya berupa kemben dan selendang saja. Tetapi sekarang ini, wanita bisa memakai berbagai model pakaian batik yang menarik sehingga tidak hanya dapat menonjolkan sisi tradisinya saja, namun juga akan sekaligus menunjukkan kesan mewah, anggun, dan terlihat modern. Setiap wanita juga bisa mengkombinasikan pakaian batik ini dengan baju musim yang digunakannya untuk menunjang penampilan selama beraktivitas sehari-hari.

Pakaian yang terbuat dari kain batik ini juga sudah resmi ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia oleh UNESCO sehingga banyak butik-butik terkenal yang langsung mengkreasikan batik menjadi berbagai jenis, baik untuk wanita maupun untuk pakaian pria. Bahkan, kini para pria juga bisa menggunakan pakaian pria dari kain batik yang bermotif bola. Tentu saja sangat menarik bukan? Pakaian batik ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, seperti menghadiri acara pernikahan, ulang tahun, selamatan, dan sebagainya.

Selain itu, pakaian batik juga cocok digunakan untuk berjalan-jalan ke mal. Sebab, dengan menggunakan batik kita bisa membantu untuk melestarikan produksi dalam negeri dan meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Banyak juga perkantoran dan sekolah-sekolah yang mewajibkan seluruh karyawan serta murid-muridnya untuk menggunakan baju batik setiap hari Rabu ataupun Jumat.

Pakaian adat di Indonesia | Tenang saja, baju batik tidak akan membuat Anda malu menggunakannya, tetapi sebaliknya justru dapat menunjang penampilan Anda di kantor, sehingga terlihat lebih menarik, menunjukkan kepribadian yang cinta Tanah Air, dan mempunyai motif yang elegan. Anda tidak perlu merasa khawatir akan dikatakan orang kampungan, ketinggalan jaman, dan sebagainya, tetapi Anda justru bisa dikagumi orang lantaran terlihat lebih fashionable dengan melestarikan nuansa etnik!



http://resepmembuatku.blogspot.com/2013/08/resep-pakaian-adat-indonesia.html

Comments